Berbagi Cerita Bareng Mama Merry & Baby Moonella, Ajak Para Ibu Tetap Happy Selama Pandemi.

Berbagi Cerita Bareng Mama Merry & Baby Moonella, Ajak Para Ibu Tetap Happy Selama Pandemi.

Kapanlagi. com – Jadi ibu di momen pandemi ini lengkap tantangan ya, Moms. Nggak cuma mengurus keluarga saja, pandemi yang menghadirkan kebiasaan baru di sendi saja membuat ibu punya banyak tugas tambahan. Harus mengurus anak di tengah bekerja di sendi, ibu juga harus menjadi pengasuh dadakan buat anak-anak di panti.

Di tengah padatnya tugas sehari-hari, berbagi cerita secara para Moms lainnya bisa maka kegiatan tepat untuk mendapatkan inspirasi dan insight baru. Apalagi dalam momen pandemi seperti sekarang tersebut para ibu rentan banget menjalani stres, sehingga berbagi cerita mampu jadi satu diantara cara untuk melindungi senyum ibu. Ibu yang langgeng happy itu penting, karena sebab situlah awal keluarga bahagia.

Untuk menjaga senyum ibu dan keluarga agar tetap suci dan happy dalam apapun kondisinya, di Hari Ibu ini Pepsodent menggelar event seru Virtual Talkshow & Art Workshop Bersama Pepsodent: Ide Seru Aktivitas Family Time di Masa New Normal di Selasa (22/12/2020) secara live streaming di Vidio dan live Instagram @tanyapepsodent. Menghadirkan Mom Influencer yang hits di Instagram yaitu Ibu Merry dan Baby Moonella, laksana apa sih keseruannya?

Tantangan Terbesar Menemani Bani di Rumah

Credit: Vidio Credit: Vidio

Dalam event tersebut, Mama Merry banyak bercerita tentang momen pandemi yang banyak memberikan tantangan bagi para ibu, termasuk dirinya sendiri. Ia pun bercerita pengalaman yang dirasakan di masa momen awal pandemi bersama si kecil Munel, panggilan sayang untuk Baby Moonella, dan Marson adiknya.

“Yang paling susah itu pada awal-awal pandemi. Munel sama Marson ini bosen banget di panti. Jangankan anak-anak, kita aja bosen lah ya. Biasanya dia Senin sampai Jumat sekolah, main pada playground, sempat kebakaran jenggot saat di rumah aja. Awal-awal tersebut kan sampai nggak ke panti neneknya juga, makanya mereka jadi bosan banget. Ini jadi PR ekstra buat para ibu gimana biar anak tetap happy di rumah, ” cerita Mama Merry.

Tantangan paling tumbuh bagi Mama Merry ternyata menjelaskan situasi yang sedang terjadi kepada anaknya.

“Tantangannya tuh sebenarnya yang paling awal merupakan menjelaskan kepada anak-anak, apa sih yang terjadi saat pandemi ini? Virus itu apa? Kenapa nggak boleh keluar rumah? Kenapa harus di rumah aja? Terus membagi waktu antara bekerja dan mengajari anak, gimana di kondisi masa ini keluarga tetap happy, ” lanjut Mama Merry.

Menanggapi hal ini, Nadya Pramesrani, seorang psikolog klinis dari @rumah. dandelion memberikan tipsnya bagaimana membaca sesuatu untuk anak-anak dengan cara yang lebih tepat.

“Kalau menjelaskan sesuatu sama budak paling mudah menggunakan visual. Misalnya saat menjelaskan virus itu apa akan lebih mudah dengan sendi cerita atau video yang saat ini sumbernya sudah banyak dari online. Tapi mungkin yang paling challenging adalah anak-anak harus pakai masker dan jaga jarak, ” nyata Nadya.

Mendikte Aktivitas Anak di Rumah

Credit: Vidio Credit: Vidio

Merancang aktivitas bujang selama di rumah aja dasar bukan hal yang mudah. Mama harus kreatif agar si mungil nggak mudah bosan. Mama Merry juga berbagi kesehariannya bersama Moonella supaya nggak bosan di rumah.

“Jadi kita jika pagi aktivitas barunya ini sama-sama keluar rumah cari matahari. Oleh sebab itu berjemur dulu. Kesehatan kan bagian satu. Nanti sore kalau nggak hujan atau nggak sekolah online jalan-jalan dekat rumah aja. Lihat yang segar-segar, lihat pohon. Saat ini jadi banyak kegiatan quality time di rumah karena daddy-nya kan juga kerja di rumah, ” cerita Mama Merry.

Bicara soal jadwal harian, Mama Merry mengaku bukan tipikal karakter yang saklek dengan jadwal terbatas. Ia memilih untuk fleksibel & santai supaya nggak stres sendiri.

Tips Membantu Sosialisasi Anak di Rumah

Credit: Vidio Credit: Vidio

Banyak juga nih Ibu yang merasa cemas jika terlalu banyak di rumah, anak akan kesulitan sosialisasi. Ada yang ngerasa malu atau takut saat bertemu orang baru. Nadya memberikan kira-kira saran untuk mendukung proses sosialisasi anak di rumah.

“Ini memang cukup banyak dialami dan ini memang proses kala kita nanti kembali membuka jalan anak-anak kembali berinteraksi dengan teman-temannya. Tapi bukan berarti kemampuan sosialisasi mereka nggak bisa kita lampas. Saat di rumah lagi dahar siang bersama main bersama ialah melatih kemampuan mereka bersosialisasi, ” jelas Nadya.

Nadya juga menyarankan agar para Moms mendorong anak-anaknya untuk bersosialisasi, misalnya komunikasi secara virtual dengan teman sekolahnya dengan media online. Oleh karena itu, anak tidak kehilangan kebutuhan interaksinya.

Mengatur Waktu Anak di Rumah

Credit: Vidio Credit: Vidio

Banyak Moms yang berpikir bahwa harus membuat anak sesibuk mungkin supaya mereka nggak jenuh di rumah. Tapi, pandangan tersebut ternyata salah. Menurut Nadya, jadi orang tua harus memfasilitasi serta memberikan berbagai pilihan kegiatan. Oleh sebab itu, mereka nggak bosan dan bahkan memilih gadget.

Dengan umum, kegiatan seru anak dalam rumah antara lain main, membiasakan, dan berolahraga. Menurut Nadya, gerak minimal 1 jam setiap keadaan untuk anak usia 5 tahun ke atas. Sementara untuk bani usia di bawah 5 tahun yang mempunyai kebutuhan gerak lebih tinggi, olahraga sekitar 2 mematok 3 jam. Lalu bagaimana secara waktu bermain dan belajar?

“Orang tua harus melihat kemampuan anak karena kalau sekolah kan harus duduk. Itu melelahkan sekali jika dilakukan anak. Siap, kombinasikan bermain sambil belajar kan bisa. Yang penting anak happy dengan kegiatan itu sehingga mampu mendapatkan manfaat yang lebih banyak untuk anak, ” jelas Nadya.

Pentingnya Waktu untuk Diri Sendiri Agar Moms Tetap Happy

Credit: Vidio Credit: Vidio

Menjaga kesehatan fisik itu dasar penting, tapi jangan lupa sentosa juga ya, Moms! Wajib banget buat para ibu menyisihkan periode untuk dirinya sendiri supaya tetap bahagia apalagi di tengah saat pandemi ini.

“Kalau aku biasanya bangun lebih cepat jadi ada ekstra waktu 1-2 jam jadi bisa santai dulu, mandi nggak buru-buru, baca tampang dulu, abis itu cuss deh mau ngapain. Happy Moms ialah yang membuat happy family, siap harus bisa take a break sedikit buat diri sendiri, ” lanjut Mama Merry.

Namun, banyak Moms yang kala merasa bersalah jika meluangkan waktu untuk dirinya sendiri. Menanggapi situasi ini, Nadya menekankan bahwa masa untuk diri sendiri itu nggak sama artinya dengan egois.

“Batasannya adalah pada seberapa banyak sih waktu yang kita berikan untuk diri kita? Ketika kita akhirnya meluangkan banyak zaman untuk orang lain, itu oleh karena itu kita egois terhadap diri kita. Begitu pun saat kita menyampaikan semua waktu untuk diri kita sendiri jadinya kita egois intuk orang lain. Kita tetap butuh take a break agar bisa tetap fit secara mental serta fisik. Jadi ketika kita balik ke keluarga, bisa memberikan cara terbaik diri sendiri, ” lanjut Nadya.

Menjaga mesam-mesem ibu itu penting banget sebab dari ibu yang bahagialah tercipta keluarga yang bahagia juga. Untuk itu Pepsodent selalu setia mengiringi para ibu di Indonesia, salah satunya lewat event talkshow inspiratif menyambut Hari Ibu ini.

Menjaga Kesehatan Geraham Keluarga

Credit: Vidio Credit: Vidio

Dalam masa pandemi ini, menjaga kesehatan tubuh itu penting banget, nggak tersendiri kesehatan gigi. Mama Merry kendati berusaha membiasakan Moonella dan Marson menjaga kesehatan gigi lewat dongeng.

“Jadi sebenarnya awalnya aku pernah cerita pakai bukunya Pepsodent Kids yang Mama Pepo, itu kan banyak ilustrasi tulisan lucunya. Setelah dikasih pengertian perkara itu, Munel otomatis rajin sikat gigi sendiri, ” kata Mama Merry.

Nadya sendiri memberikan tips membiasakan anak rampas gigi lewat permainan, karena di dalam dasarnya anak-anak paling senang bermain. “Jadi ketika kita mengajarkan hal baru, kita kenalkan dulu biar familiar. Bisa dibuka dulu secara baca buku, lalu lagu serta nyanyian itu nggak pernah rusak untuk mengajak anak terlibat, ” terang Nadya.

Perlindugan kesehatan keluarga secara maksimal tentunya bisa membuat keluarga tetap happy dan tersenyum ceria kembali. Buat melindungi kesehatan gigi secara suntuk, percayakan saja pada Pepsodent. Tersedia Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang serta Pepsodent Complete 8 yang telah terbukti menjaga kesehatan gigi & mulut agar keluarga tetap happy dan bisa tersenyum terus!

Virtual Workshop Super Seru

Credit: Vidio Credit: Vidio

Selain menghadirkan sesi talkshow inspiratif bergandengan Mama Merry, Baby Moonella & psikolog klinis Nadya Prameswari, agenda ini juga mengajak para Moms dan anaknya ikutan virtual art workshop melukis tote bag. Workshop ini juga diikuti Mama Merry dan Baby Moonella yang spirit banget melukis tote bag sebagai hadiah manis untuk momen Keadaan Ibu.

Nggak cuma Mama Merry dan Baby Moonella aja, para Moms dan anak-anak yang lain juga nggak tergelincir semangat lho. Banyak yang memamerkan hasil karya tote bag dengan mereka lukis, keren banget hasilnya!

Nah, itu tadi rangkaian acara Virtual Talkshow & Art Workshop Bersama Pepsodent: Prakarsa Seru Aktivitas Family Time pada Masa New Normal. Sampai bertemu di acara seru bareng Pepsodent lainnya ya!